pinten ( terima kasih??)

kalau ora ngerti bahasa jowo ya gak usah sok sokan bisa ngomong jowo.ya jadinya gini deh -,-”

 

 

malam minggu adalah malamnya paranya anak muda ( maaf ya para galauwers kalian gak punya malam spesial😦 ).

karna aku masih muda ( 17 tahun) dan abangku juga ( 18 tahun) maka kami memutuskan malam mingguan di depan benteng.

udah 2 minggu aku dijogja,sudah dua minggu juga ku berusaha beradaptasi dengan logat jawa.

mengambil posisi tempat duduk VIP yaitu di DPR ( dibawah pohon rindang) kami nyantai,ya sambil ngobrol ngobrol seputar dunia hitam #takuutt.ya si anak pertama itu memberikan nasihat untuk baik-baik hidup di kota orang,hemat uang,ya layaknya seorang abang yang bijaksana,tegas,terpandang,tahan air dan gak bisa bocor ( genteng?).dan si anak kedua itu pun mendengar dengan anggukan kepala ( gak tau itu mengisyaratkan ngerti atau laper).

ada rasa tenggorokkan kering,bibir pecah-pecah,mulut kering,sariawan ( adem sini~),abang ( panggil saja ata) memanggil dengan manja mas yg jualan kopi “mas..mass…kopi” #lebay version ah dasar ababil -,-“.

tentu saja mas manja ( nama samaran ) dengan wajah gembira sentosa,serta mulia serta mulia,mas itu datang dan menawarkan barang jajakannya.

“ABC” ata bersuara…”coffee mix” aku bernyanyi “nggeh” mas nyinden -,-“,dengan memakan waktu tidak lebih dari 12 tahun  (layaknya aku bersekolah)  2 gelas plastik siap di hidangkan.

“pinten wi ” nada menyuruhku tanya ke mas manja,”pinten mas” tanyaku dengan nada yang aneh,”(hanya diam karna aku nya yg aneh atau pura-pura gak denger atau gak jelas atau atau atau…)” mas manja membisu.

ata mengambil alih ” pinten mas?”,”patangewu mas” jawab mas manja.

ata pun bayar dengan uang cash.

“maturnuwun” ata said,”nggeh mas” tambah mas manja.

selepas perginya mas manja ( nnoooo,dont leave me mas) adibrata iriansyah ( nama di akta kelahiran) memberitahu kalau aku tuh gile ( gila).

whatt?goouuee di bilang gila,apa kata dunia mawaddah dwi kurniasih anak ke 2 dr 3 bersaudara ini di katain gila??

 

U : mak e ngape ?

A : kok ko bilang pinten kayak gtu?

U : kayak ape?

A : nade ko tuh.

U : ngape nade aku?aku kan cm bilang pinten udah gak td ko yg suroh

A : ko tau tak arti pinten tu ape?

U : makaseh kan?

A : wak tebak kau ni.

U : ndak e,emang ape?

A : pinten tu berape,bodoh e..

U : hahahhaaa,ye ke? #malu,muke aku nak tarok mane

A : ko bilang pinten kayak nyebot makaseh pula.

U : hahahhahahhahaa,tak apelah nebak.

A : buat malu jak.

 

translate

 

U : ada apa?

A : kok kamu bilang pinten kayak gtu?

U : kayak apa?

A : nadamu itu loh

U : kenapa nadaku?aku kan cm bilang pinten kan tadi kamu yg suruh

A :kamu tau pinten artinya apa?

U : makasih kan?

A : wah,ngasal kamu nih.

U : hhhmm?memangnya napa?

A : pinten itu berapa,bodoh..

U : hahahhaaa,ya po? #malu,mukaku mau di taruh dimana

A : kamu bilang pinten kayak bilang makasih.

U : hahahhahahhahaa,gak papa lah ngasal.

A : buat malu aja nih.

 

entah apa yang dirasakan oleh mas manja itu,apakah bingung?biasa?galau? entahlah hanya dia dan tuhan lah yang tau.

dan apa yang ata rasakan yang pasti malu dan yang uwi rasakan malu-maluin.

seandainya aku tau kalau ini akan terjadi ,aku kan bisa les bahasa jawa dulu sebelum berangkat ke jogja.

ya karna aku tak tau ya itu takdir aku harus menerimanya dengan lapang dada,tulus ikhlas,tawakal,istiqomah,mawaddah sakinah warohmah.

hikmah dari kejadian keSOK tauannya aku ini membuat aku menjadi selalu ingat dengan arti dari kata pinten.

tentu saja bukan terima kasih tapi berapa.

wassallam mualaikum wr wb😀

 

 

NB :dicari guru privat java language

 

#bisa juga lihat komen dari teman-temanku di facebook http://www.facebook.com/notes/mawaddah-uwie-kurniasih/pinten-terima-kasih/235136073208941 :))

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s