PKM-K “Peningkatan nilai Ekonomis Jeans Bekas menjadi aneka tas kreasi unik nan menarik”

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

Peningkatan nilai Ekonomis Jeans Bekas menjadi aneka tas kreasi unik nan menarik

BIDANG KEGIATAN :

PKM KEWIRAUSAHAAN (PKMK)

logo-uad-black-white-hitam-putih

Diusulkan oleh:

Mawaddah Dwi Kurniasih                   (11013065/2011)

Ike Octaviani                                       (11013024/2011)

Eka Ardiani                                         (11013031/2011)

Nona Idamas Jons Boyong               (11013025/2011)

Fitrya Ermawati                                  (08013009/2008)

UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

YOGYAKARTA

2013

HALAMAN PENGESAHAN

USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

  1. Judul Kegiatan   :   Peningkatan nilai Ekonomis Jeans Bekas menjadi aneka tas kresi unik nan   menarik
  2. Bidang Kegiatan  :   (  ) PKM-P    (  ) PKM-M     ( ) PKM-KC    (√ ) PKM-K   (  ) PKM-T
  3.  Ketua Pelaksana Kegiatan
    1. Nama Lengkap                             : Mawaddah dwi Kurniasih
    2. NIM                                               : 11013065
    3. Fakultas                                        : Psikologi
    4. Universitas                                    : Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
    5. Alamat Rumah dan No Tel./HP   : Jalan Menteri Supeo UH.6 Irerejo 1219C, Yogyakarta/085750284921
    6. Alamat email                                : uwie_shii@yahoo.com
    7. Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis                 : 4 Orang
    8. Dosen Pendamping
      1. Nama lengkap                              : Drs. Mujidin S.Ag., M, Si
      2. NIDN                                             : 190007231987021002
        1. Alamat dan no. telp/Hp                 : Jalan Kalasan UH 5 1719 Pandean , Yogyakarta / 081328745165

6.    Biaya Kegiatan Total

a.  Dikti                                              : Rp 10.784.000,00

b.  Sumber lain                                  : –

7.    Jangka Waktu Pelaksanaan              : 5 bulan

Yogyakarta, 25 Juni 2013

Menyetujui,

Ketua Program Studi Psikologi                                                                                Ketua Pelaksana Kegiatan

Farida Ainur Rohma., S.Psi., M,Psi., Psikolog                                                   Mawaddah Dwi Kurniasih

Wakil Rektor III                                                                  Dosen Pembimbing    Bidang Kemahasiswaan

Dr. Abdul Fadlil., M.T)                                                           Drs. Mujidin S.Psi., M,si

  1. JUDUL PROGRAM

Peningkatan nilai Ekonomis Jeans Bekas menjadi aneka tas kresi unik nan menarik

  1. LATAR BELAKANG MASALAH

Pemanfaatan suatu barang bekas lalu dikreasikan hingga menjadi suatu hal yang inovatif bahkan mampu menghasilkan karya yang dapat dipergunakan meski sekecil apapun itu selama bermanfaat, dan dirasa lebih unik dari pada mendapatkan barang baru. Barang bekas pun tidak selamanya jelek,usang,kotor,bau,dan lain-lain. Jika kita ingin mengolah barang bekas apapun tentu kita memiliki standar/ukuran sendiri tentang objek yang akan diolah bukan? Maka dari itu kita harus pandai mengolah barang bekas itu agar terlihat lebih baik dan tentunya dapat lebih bermanfaat.

Suatu hari di telivisi, ada acara mengenai model-model tas zaman sekarang. Dalam acara itu dibahas mengenai tas-tas dengan merek termahal didunia, bagaimana cara merawat tas,dan hal-hal serta tips-tips memilih tas. Menjelang penghunjung acara ditayangkan seorang gadis yang membuat tas dengan tangannya sendiri, yaitu menggunakan celana atau rok jins bekas. Kebanyakan dengan rok pendek bekas yang dijahit bawahnya lalu diberi tali tasnya sendiri dan dihiasi pernak-pernik sesuai dengan kreatifitas sendiri.

Hal yang dilakukan oleh orang itu sangatlah berkesan bagi kami. Tak lama setelah acara tv itu, kami memikirkan sesuatu hal yang sama bahwa tas dari jeans itu keren dan diantara kami pun langsung mengobrak-abrik lemari untuk mencari celana jeans yang tidak terpakai lagi. Akhirnya seorang diantara kami menemukan sebuah celana jeans berwarna hitam yang sudah rusak pada bagian kancingnya,lagi  pula warnanya sudah pudar juga.Lalu  mulai dari situlah kami mencoba berkreasi dan berinovasi.

  1. PERUMUSAN MASALAH

Permasalahan yang menjadi latar belakang proposal ini adalah :

  1. Kurangnya perhatian terhadap suatu barang bekas untuk dijadikan sebagai suatu inovasi
  2. Bisa mengembangkan barang itu menjadi suatu barang yang memiliki nilai ekonomis
  1. TUJUAN PROGRAM

Program ini bertujuan:

  1. Meningkatkan kreatifitas, inovaif untuk para mahasiswa
  2. Menambah keragaman sandang dan aksesoris untuk harga terjangkau bagi masyarakat.
  3. Meningkatkan keterampilan (softskill) berwirausaha
  4. LUARAN YANG DIHARAPKAN

Produk yang dihasilkan adalah tas dari jeans bekas. Varians yang dibuat dari jenas bekas yaitu tas ransel dan tas selempang. Tas jeans ini diharapkan nantinya dapat dijalankan oleh mahasiswa dan memiliki keuntungan bisnis yang menjanj

  1. KEGUNAAN

Kegiatan ini memiliki kegunaan yang baik diantaranya :

  1. Kegiatan ini dapat mengasah keterampilan berwirausaha mahasiswa.
  2. Kegiatan ini melatih kemampuan bekerja sama di dalam tim.
  3. Dapat meningkatkan sosialisasi dengan masyarakat luas
  4. Dapat meningkatkan manajemen waktu dan uang mahasiswa.
  1. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

Rencana usaha ini awalnya memiliki tujuan yang baik untuk masa depan kami. Tujuannya selain ingin mendapat keuntungan dan tambahan uang saku, usaha ini diharapkan dapat meringankan beban orang tua kita sehingga tidak perlu membiayai uang saku, lalu ingin menunjukan hasil kreativitas kami kepada masyarakat Yogyakarta, karena secara manusiawi, masyarakat Yogyakarta memiliki gaya yang unik.

1. Product (Produk)

Produk ini merupakan pemanfataan barang bekas. Keunggulan yang dimiliki produk ini adalah pengolahan jeans bekas yang dikreasikan sehingga menjadi tas jeans yang memiliki daya jual. Adapun bermacam variasi yang dihasilkan :

  1. Tas ransel
  2. Tas selempang
  3. Dompet
  4. Kotak Pensil

2. Price (Harga)

Tas jeans ini di jual dengan harga Rp, 35.000,00 per satuannya. Penentuan harga Rp 35.000,00 dengan pertimbangan bahwa sasaran utama produk tas jeans ini adalah mahasiswa dan masyarakat kalangan menengah ke bawah, sehingga harga jual yang tidak terlalu tinggi akan membantu memperlancar proses penjualan. Harga tersebut juga ditentukan berdasarkan perhitungan dengan biaya produksi tas jeans, sehingga telah diperhitungkan besarnya nilai keuntungan yang akan diperoleh.

  1. Place (Tempat/Lokasi Produksi)

Tempat produksi tas jeans ini di Jalan Menteri Supeno UH.6 gang Irerejo no. 1219C, Yogyakarta  dengan pertimbangan bahwa lokasi tersebut strategis karena sarana dan prasarana tersedia sehingga mudah dijangkau.

  1. Promotion (Promosi)

Secara umum, dalam memasarkan produk yang baru, maka sektor promosi merupakan hal yang sangat penting untuk kami perhatikan. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mempromosikan produk kami yaitu:

  1. Penyebaran Informasi secara langsung

Penyebaran informasi secara langsung dilakukan oleh anggota kami sendiri dengan cara menggunakan produk “tas jeans” ketika bepergian, kuliah, hangout bersama teman-teman dan lain-lain. Cara promosi demikian dimulai pada teman-teman kami. Dengan begitu, diharapkan dapat memberi kejelasan produk yang lebih efektif dan setelah itu, diharapkan konsumen akan dapat menyebarkan keunggulan produk kami kepada lebih banyak orang.

  1. Pemberian Informasi secara tidak langsung

Pemberian informasi secara tidak langsung dilakukan dalam beberapa bentuk kegiatan, diantaranya penyebaran brosur dan pamflet produk “tas Jeans” akan menggambarkan keunggulan produk kami dalam media promosi tersebut yang secara otomatis juga akan menyertakan nomor telepon untuk memudahkan konsumen yang akan meminta pesanan

c. Melalui sarana teknologi dan informasi

Semakin berkembangnya teknologi, fasilitas internet semakin mudah didapatkan. Jadi sudah hal yang lumrah jika memanfaatkan internet sebagia media promosi. Promosi dapat dilakukan melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, blackberry massengger, path, whatsapp, instagram, blog, line, wechat dan youtube. Selain itu promosi juga dapat dilakukan melalui blog.

  1. People (Orang)

Produk kami menggunakan sumber daya manusia dan sarana serta prasarana seperti mesin jahit untuk membuat dan memasarkan produknya. Tanpa adanya manusia, Produk tidak akan bisa dibuat  dan dipasarkan. “Tas Jeans” dibuat dan dipasarkan oleh 5 orang yang semuanya merupakan anggota dari pembuatan PKM Kewirausahaan ini. Konsumen sebagai pembeli berinteraksi dengan pembuat dan pemasar produk sehingga menciptakan kondisi jual beli.

  1. Physical Evidence (Bukti Fisik)

“Tas Jeans” dalam pemasarannya memiliki beberapa ciri-ciri. Ciri tersebut adalah memiliki cirri khas , ada kancing di sudut atas bagian kanan tas tersebut.

  1. Process (Proses)

Produk tas jeans ini diproduksi secara manual dan secara menggunakan mesin jahit. Pertama tentang proses secara manual, gunting, pensil, penggaris, benang dan jarum sudah disiapkan. Mulai dari memotong celana bagian kaki sebelah kanan,lalu diukur panjangnya, dan ditandai dengan pensil, lalu yang terakhir dipotong. Setelah pembongkaran dan pola sudah jadi lalu proses menjahit dengan tangan dimulai dengan mengikuti pola yang telah dibuat.

Bagian tasnya sudah jadi dan selanjutnya dibuat talinya dengan bahan jeans yang tersisa.Adapun pola yang bisa di buat yaitu  menyayat-nyayat sekeliling pinggir pinggir tas itu,hingga menjadi rombeng.

  1. METODE PELAKSANAAN PROGAM
  2. Pra Produksi

Tahap Perencanaan

  • Hal pertama yang dilakukan pada saat tahap perencanaan yaitu survey pasar yang dilakukan sebagai langkah awal dalam memulai sebuah usaha. Tujuan dilakukannya survei  adalah untuk mengetahui kondisi pasar, minat konsumen, dan perencanaan inovasi lebih lanjut.
  • Hal kedua yang perlu dilakukan pada saat tahap perencanaan yaitu melakukan studi kelayakan terhadap usaha yang akan dijalankan. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan ini memiliki prospek yang menguntungkan dan memiliki prospek jangka panjang.

Tahap Persiapan

  • Persiapan yang perlu dilakukan adalah meliputi persiapan dalam pemilihan dan penyediaan tempat serta sarana dan prasarana untuk menunjang proses produksi.
  • Persiapan dan pengadaan  bahan baku untuk langkah awal memulai suatu usaha. Persiapan bahan baku yang lengkap akan memudahkan saat proses produksi seuatu usaha.

Tahap Pengadaan Produk

  • Pembuatan sampel barang diperlukan sebagai langkah awal untuk mengetahui kualitas suatu produk sebelum nantinya dipasarkan dalam jumlah besar. Dalam pembuatan tester, hal yang perlu dilaksanakan untk mengetahui bentuk serta model produk. Sampel yang telah dibuat kemudian dibuat sebagai acuan untuk mengenali selera masyarakat dan dapat dijadikan sebagai tolok ukur produk yang bagaimana yang sesuai dengan selera masyarakat
  1. Produksi

Tahap pelaksanaan kegiatan

Proses produksi merupakan kegiatan inti dari aktivitas wirausaha, kegiatan produksi memiliki beberapa tahapan, tahapapn tersebut meliputi persiapan bahan baku, kegiatan pengolahan  dan pembuatan produk, dan juga pemasaran kepada konsumen

Salah satu kegiatan produksi adalah pemasaran. Pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting karena dengan pemasaran, produk yang dihasilkan dapat dipasarkan kepada konsumen. Pemasaran dapat dikatakan berhasil ketika terdapat suatu strategi pemasaran yang efektif dan menarik konsumen, misalnya melalui mekanisme penentuan segmentasi pasar dan pemasaran melalui media-media sosial yang atraktif dan dapat menarik konsumen. Pemasaran juga harus memperhatikan segmentasi konsumen dan segmentasi lokasi pemasaran, kegiatan promosi dan kegiatan perluasan usaha atau pangsa pasar.

Promosi dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Hal ini dilakukan dengan membuat pamflet-pamflet yang di design  dengan sedemikian rupa dan berisi informasi tentang gambaran produk, penawaran barang dan harga,  cara pemesanan, diskon yang diberikan kepada pelanggan serta mengenai lokasi penjualan produk. Sasaran pamflet  ini adalah tempat-tempat umum yang potensial untuk dikunjungi banyak orang, seperti pasar, alun-alun kota, kantor-kantor pemerintah, lembaga pendidikan, dan pada tempat-tempat strategis misalnya di daerah perempatan atau pertigaan jalan raya yang sering dilalui oleh banyak orang.

  1. Pasca Produksi

Tahap pelaporan

Tahapan akhir yang dilakukan adalah kegiatan pelaporan yang berada pada tahap pasca produksi. Tahap pelaporan berisikan laporan data kegiatan mulai dari tahap pasca produksi dan tahap produksi dengan durasi waktu tertentu. Tahap pelaporan ditujukan untuk mengetahui rangkaian kegiatan usaha dan keuntungan yang didapat, sehingga diperoleh data yang akurat sebagai bahan evaluasi.

                                                                                        

  1. JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN

Kegiatan  PKM ini direncanakan berlangsung 4 bulan. Rencana program ini tertera pada tabel dibawah ini :

Tabel 4. Rencana Jadwal Pelaksanaan Program

KEGIATAN Bulan Ke-
1 2 3 4 5
Persiapan Penelitian PKM-K
Bimbingan Kepada Dosen pembimbing
Pengumuman diterima dikti
Tahapan pelaksanaan program
Penyediaan Bahan Baku dan alat
Tahapan inti
Pembuatan Produk
Promosi dan Pemasaran Produk
Tahapan akhir
Evaluasi Pemasaran dan mutu produk

 

NAMA DAN BIODATA KETUA SERTA ANGGOTA KELOMPOK

A. Ketua dan Anggota Kelompok

Biodata Ketua Serta Anggota Kelompok

  1. Nama Lengkap                             : Mawaddah dwi Kurniasih
  2. NIM                                               : 11013065
  3. Fakultas                                        : Psikologi
  4. Universitas                                    : Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  5. Tempat/ Tanggal Lahir                  : Pontianak, 22 Maret 1994
  6. Alamat Rumah dan No Tel./HP   : Jalan Menteri Supeo UH.6 Irerejo 1219C, Yogyakarta/085750284921
  7. Alamat email                                 : uwie_shii@yahoo.com
  8. Waktu mengerjakan                     : 6jam/minggu

Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis            : 2 Orang

Asisten Pendamping                                       : 1 Orang

Anggota Pelaksana

  1. Nama Lengkap                               : Ike Octaviani
  2. NIM                                                 : 11013024
  3. Fakultas                                          : Psikologi
  4. Universitas                                      : Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  5. Tempat/ Tanggal Lahir                   : Bengkulu, 18 Oktober 1993
  6. Alamat Rumah dan No Tel./HP     : Jalan Bababran no.79 Yogyakarta/085758183889
  7. Alamat email                                  : ikeoctaviani17@ymail.com
  8. Waktu mengerjakan                       : 6jam/minggu

Anggota Pelaksana

  1. Nama Lengkap                               : Eka ardiani
  2. NIM                                                 : 11013031
  3. Fakultas                                          : Psikologi
  4. Universitas                                      : Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  5. Tempat / Tanggal Lahir                  : Yogyakarta, 1 Maret 1991
  6. Alamat Rumah dan No Tel./HP     : Jalan Menteri Supeo UH.6 Irerejo 1219C, Yogyakarta/085750284921
  7. Alamat email                                  : di_aurora_andee@yahoo.co.id
  8. Waktu Mengejakan                        : 6jam/minggu

Anggota Pelaksana

  1. Nama Lengkap                               : Fitrya Ermawaty
    1. NIM                                                 : 08013009
    2. Fakultas                                          : Psikologi
    3. Universitas                                      : Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
    4. Tempat / Tanggal Lahir                  : Banjarmasin, 6 Juni 1990
    5. Alamat Rumah dan No Tel./HP     : Jalan Prof. Dr. Soepomo no. 75 Yogyakarta/ 0896713119066
    6. Alamat email                                  : fitrya_ermawaty@yahoo.com
    7. Waktu Mengejakan                        : 6jam/minggu

Anggota Pelaksana

  1. Nama Lengkap                               : Nona Idamas Jons Boyong
    1. NIM                                                 : 11013025
    2. Fakultas                                          : Psikologi
    3. Universitas                                      : Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
    4. Tempat / Tanggal Lahir                  : Yogyakarta, 9 September 1992
    5. Alamat Rumah dan No Tel./HP     : Jalan Imorigi Timur no 7 Yogyakarta/ 08572925281
    6. Alamat email                                  : nona_jonsboyong@gmail.com
    7. Waktu Mengejakan                        : 6jam/minggu

Nama Dan Biodata Dosen Pembimbing

  1. Nama Lengkap                               : Drs. Mujidin S.,Ag., M.,Si
    1. NIP                                                 : 19000 7231987 021002
    2. Fakultas                                          : Psikologi
    3. Universitas                                      : Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
    4. Tempat / Tanggal Lahir                  : Kebumen, 23 Juli 1960
    5. Alamat Rumah dan No Tel./HP     : Jalan Kalasan UH 5 1719 Pandean , Yogyakarta / 081328745165
    6. Alamat email                                  : mujidin_zid@yahoo.co.id

                                                                                                                                                            Yogyakarta, 25 Juni 2013

                                                                                                                                                                                               Dosen Pembimbing,

                                                                                                                                                                    Drs. Mujidin., S.Psi., M.Si

                                                                                                                                                                   NIP 19000 7231987 021002

 L.  BIAYA

Harga Jumlah Satuan Total  harga
Benang Jahit Rp. 10.000,00

10

Buah Rp. 100.000,00
Jarum Rp. 8.000,00

4

Buah Rp. 32.000,00
 Gunting Rp. 12.000,00

3

Buah Rp. 36.000,00
Mesin jahit Rp. 5.000.000,00

2

Buah Rp. 10.000.000,00
Pernak-Pernik Rp. 15.000,00

12

Buah Rp. 180.000,00
Ram Rp. 10.000,00

5

Buah Rp. 50.000,00
Kancing Rp. 1.500,00

36

Buah Rp. 54.000.00
Pisau carter Rp. 5.000,00

3

Buah Rp. 15.000,00
Penggaris Rp. 2.000,00

5

Buah Rp. 10.000,00
Jarum Pentul  Rp. 1.000,00

5

Buah Rp. 5.000,00
Fusible Interfacing Rp. 10.000,00

10

Buah Rp. 100.000,00
Plastik Kemasan Rp     12,000.00

2

Lusin Rp.        24,000.00
Belau Rp 1000

30

Buah Rp 30.000,00
Kesekretariatan :

– Buku pengeluaran

– PamfletRp       8,000.00

Rp     700.00

1

200

Buah

 

LembarRp.         8,000.00

Rp      140,000.00Total Biaya   Rp.         10.784.000

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s